Sabtu, 03 Desember 2011

9 Tokoh Bersejarah SULAWESI TENGAH (Dalam Persiapan)



Penulis dan Editor:
Jamrin Abubakar




Penerbit :
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Sulawesi Tengah





DAFTAR ISI



  • Sambutan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah

  • Prakata dari Realisator Program

  • Kata Pengantar dari Penulis


1.    Drs. H. Galib Lasahido
2.    Drs. H. Rusdy Toana
3.    Ladudin Bungkato
4.    Alimin Lasasi
5.    H. Ischak Moro
6.    J.K. Tumakaka
7.    H. Hamid Rana
8.    Masyhuddin Masyhuda, BA
9.    Dra. Hj. Zulfikar Abdullah

 
PENGANTAR DARI PENULIS


BUKU ini merupakan biografi singkat 9 tokoh bersejarah Sulawesi Tengah yang pernah memiliki peran cukup penting di bidangnya dan pada zamannya. Namun mereka nyaris terlupakan di kalangan generasi muda masa kini yang sedang menikmati apa yang telah diperjuangkan tokoh-tokoh terdahulu.
Bahkan sejarawan pun tak begitu tertarik menulisnya sebagai bagian dinamika sejarah kontemporer daerah Sulawewsi Tengah. Itu dibuktikan tidak adanya tulisan yang mengenalkan perjalanan tokoh-tokoh daerah ini yang dapat menjadi bahan bacaan muatan lokal atau pengayaan. Padahal keberadaan sebuah universitas di Kota Palu tentunya ada banyak sejarawan yang kapasitas keilmuannya tidak diragukan. Tapi sekali lagi mereka tidak tertarik untuk penelitian dan penulisan masalah ini, sehingga dengan sejumlah keterbatasan penulis, buku ini hadir dengan sangat sederhana dan tentu tidak lepas dari kekurangan dari seorang yang bukan sejarawan.
Seperti halnya daerah lainnya, Sulawesi Tengah juga memiliki tokoh-tokoh berjasa dalam sejarah berbagai aspek kehidupan di forum  lokal maupun nasional. Kehadirannya telah mengisi perjalanan bangsa ini dan masing-masing memiliki kisah yang perlu menjadi refleksi yang berkesinambungan dari generasi ke generasi. Tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam buku ini hanyalah sebagian kecil di antara sejumlah tokoh yang pernah berkiprah dalam sejarah Sulawesi Tengah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Penulis berupaya menampilkan sosok-sosok yang cukup menonjol di bidangnya sebagaimana dalam buku ini secara singkat dan padat, setidaknya memberi informasi pada pembaca tentang peran setiap tokoh. Tokoh yang ditampilkan dalam tulisan ini semuanya telah almarhum dengan beragam latar belakang, yaitu tokoh birokrat, politisi, budayawan, tokoh pendidikan, tokoh seniman, tokoh agama, tokoh buruh, tokoh pers  dan tokoh perempuan. Tetapi bukan berarti hanya mereka inilah yang paling bersejarah, melainkan masih ada sejumlah tokoh utama pelaku dan saksi sejarah belum ditulis. Mudah-mudahan ada sejarawan atau penulis lain di daerah ini memiliki kepedulian untuk menulis tokoh-tokoh yang dianggap berperan besar, sehingga menjadi catatan kecil khazanah pustaka sejarah daerah Sulawesi Tengah.
Untuk itu segala kekurangan dan keterbatasan penulis dalam menyajikan buku ini, kiranya mendapat masukan yang lebih baik lagi demi perbaikan penerbitan berikutnya. Atau sebaliknya, mudah-mudahan buku kecil ini menjadi salah satu sumber informasi bagi pembaca untuk mengenal kembali tokoh-tokoh sejarah yang terlupakan.*




JAMRIN ABUBAKAR
Penulis & Editor


Tidak ada komentar: