Rabu, 07 Desember 2011

Buku 9 TOKOH BERSEJARAH SULAWESI TENGAH (Dalam Proses)

PRAKATA
DALAM UNTAIAN PROGRAM


Dengan segala kerendahan hati, saya hanturkan Alhamdulillah, Rencana Kerja Kesejarahan telah tertuang dalam lembaran program, terlaksana dengan baik. Mengapa ide ini terlintas? Kemudian mengapa dengan 9 tokoh bersejarah dipilih dan dijadikan program di tahun 2012 ini ?
Ide, gagasan telah tertulis diberbagai catatan maupun komentar di jaringan sosial, terakumulasi memberikan ruang penciptaan tokoh sejarah kontemporer terjawab di buku Seri Informasi. Jawaban atas jawaban mengisyaratkan bahwa, tanpa data, kita tidak mampu mengkomunikasikan hingga menjadi sebuah informasi. Govermant, salah satu kunci utama dalam mengakumulasi data-data pada tingkat satuan kerja perangkat daerah. Dimana data-data itu diperoleh? Tentunya pada komunitas-komunitas tertentu, dijadikan objek kajian yang ingin dilirik.
Data dasar biasanya tertuju pada pointers melalui konsep kebudayaan dengan 7 unsurnya itu. Penguatan data dasar kebudayaan yang akan bermuara pada pendidikan untuk dijadikan muatan lokal. Diagframa panorama budaya mendukung dengan kawasan penunjang, dipelihara sebagai sasaran daerah tujuan wisata, masuk tidaknya wisatawan lokal, nusantara maupun mancanegara.”
Kita tidak lagi menoleh kebelakang dalam kurun waktu tertentu. Bahasan pemilihan tokoh bersinggung dengan bidangnya, diurai dalam pengantar penulis. Bukan cuma itu, jika kita menganggap Seri Informasi ini penting adanya, maka apa yang seharusnya dilakukan. Circle, terus menerus dan berkesinambungan.
Sekian prakata singkat, ucapan terima kasih amat dalam kepada semua pihak yang telah terlibat dalam menjadikan rencana kerja menjadi program nyata adanya. Harapan senantiasa tertuju dengan terbitnya buku ini, dapat menjadi teman diskusi untuk keberlangsungannya. Wassalam !

Realisator Program

 ICHSAN MASYHUDA , S.Sos

Tidak ada komentar: